Kamis, 09 Juni 2011

soal kkpi kelas XI


Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan benar dan Jelas
  1. Apakah yang dimaksud dengan Microsoft Access
  2. Jelaskan menurut anda Pengertian dari Database
3.      Jelaskan Perbedaan antara primary key dan foreign key
4.      Jelaskan Pengertian dari : a)Table b)Query c).Form d).Report
5.      Yang dimaksud dengan proses editing data adalah proses….
6.      Sebutlah type data yang kamu ketahui. Min 5
7.      Apakah yang dimaksud dengan Relationship.
8.      Jelaskan Pengertian dari LAN, MAN, WAN & Internet Dalam Jaringan Komputer
9.      Apakah dimaksud dengan Scanner dan jelaskan fungsinya
10.  Apakah yang dimaksud dengan topologi jaringan star, Jelaskan kelebihan dan Kelemahannnya

1.      Microsoft Access adalah suatu program aplikasi basis data komputer relasional yang
            digunakan untuk merancang, membuat dan mengolah berbagai jenis data dengan
kapasitas yang besar.

2.      Database adalah kumpulan tabel-tabel yang saling berelasi. Antar tabel yang satu
      dengan yang lain saling berelasi, sehingga sering disebut basis data relasional
3.       primary key, yaitu suatu atribut yang tidak hanya mengidentifikasi
secara unik suatu kejadian tetapi juga mewakili setiap kejadian dari suatu entitas.Contoh Kasus : NIM dalam tabel Mahasiswa merupakan nilai unik yang tidak mungkin bersifat ganda. Karena setiap mahasiswa memiliki NIM yang berbeda antara mahasiswa yang satu dengan mahasiswa yang lain.
Foreign key adalah atribut yang melengkapi relationship dan menunjukkan hubungan
       antara tabel induk dengan tabel anak. Foreign key ditempatkan pada tabel anak.
4.      Table adalah objek utama dalam database yang digunakan untuk menyimpan
sekumpulan data sejenis dalam sebuah objek.
Table terdiri atas :
a. Field Name : atribut dari sebuah table yang menempati bagian kolom.
b. Record : Isi dari field atau atribut yang saling berhubungan yang
menempati bagian baris.
Query ( SQL / Structured Query Language )
Query adalah bahasa untuk melakukan manipulasi terhadap database.
Digunakan untuk menampilkan, mengubah, dan menganalisa sekumpulan data.
Query dibedakan menjadi 2, yaitu :
DDL ( Data Definition Language ) digunakan untuk membuat atau
mendefinisikan obyek-obyek database seperti membuat tabel, relasi
antar tabel dan sebagainya.
DML ( Data Manipulation Language ) digunakan untuk manipulasi
database, seperti : menambah, mengubah atau menghapus data serta
mengambil informasi yang diperlukan dari database.
Form digunakan untuk mengontrol proses masukan data (input), menampilkan
data (output), memeriksa dan memperbaharui data.
 Report digunakan untuk menampilkan data yang sudah dirangkum dan
mencetak data secara efektif.
5.    Yang dimaksud dengan proses editing data adalah proses…
Menambah,menghapus,memindah,menyalin data record  
                                                                               
6.      Type data : text, memo, number, currency, auto number, yes/ no, ole object, hyperlink,        
lookup wizar

    7.  Relationship
 Relationship adalah relasi atau hubungan antara beberapa tabel. Relasi antar
tabel dihubungkan oleh primary key dan foreign key.Untuk membuat relationship maka masing-masing tabel harus memiliki primary keydan foreign key untuk dapat menghubungkan antara tabel induk dengan tabel anak.Sehingga diperlukan teknik normalisasi terlebih dahulu sebelum membuatrelationship antar tabel.Normalisasi merupakan proses pengelompokkan data elemen menjadi tabel yang menunjukkan entitas dan relasinya.


7.    a. LAN ( Lokal area Network ) merupakan Jaringan milik pribadi didalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran hingga beberapa kilometer.
b. MAN ( Metropoitan Area Network ) Merupakan versi Lan yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan Lan.man dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi atau umum.
c. WAN ( Wide Area Network) merupakan memiliki jangkauan yang mencakup daerah geografis yang luas.Wan mampu meingkupi sebuah Negara bahkan benua. Jenis jaringan ini terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program –program ( aplikasi) pemakai
d. Internet merupakan kumpulan jaringan yang luas. Yang mencakup semua benua dan menggunakan teknologi baik hardware maupun software yang berbeda.atau gabungan dari beberapa lan,man, dan wan


             9.  Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin               
fotocopy hasilnya dapat langsung di lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya   ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.


   
10. Dalam topologi star, semua kabel dihubungkan dari komputer-komputer ke lokasi pusat (central location), dimana semuanya terhubung ke suatu alat yang dinamakan hub.
Description: Topologi Star
Topologi star digunakan dalam jaringan yang padat, ketika endpoint dapat dicapai langsung dari lokasi pusat, kebutuhan untuk perluasan jaringan, dan membutuhkan kehandalan yang tinggi. Topologi ini merupakan susunan yang menggunakan lebih banyak kabel daripada bus dan karena semua komputer dan perangkat terhubung ke central point. Jadi bila ada salah satu komputer atau perangkat yang mengalami kerusakan maka tidak akan mempengaruhi yang lainnya (jaringan).
Keuntungan dari penggunaan topologi star:
  • Cukup mudah untuk mengubah dan menambah komputer ke dalam jaringan yang menggunakan topologi star tanpa mengganggu aktvitas jaringan yang sedang berlangsung. Kita hanya tinggal menambah kabel baru dari komputer kita ke lokasi pusat (central location) dan pasangkan kabel tersebut ke hub. Bila kapasitas dari hub pusat sudah melebihi, maka kita tinggal mengganti hub tersebut dengan hub yang memiliki jumlah port yang lebih banyak.
  • Pusat dari jaringan star merupakan tempat yang baik untuk menentukan diagnosa kesalahan yang terjadi dalam jaringan. Intelligent hub merupakan hub yang dilengkapi dengan microprocessors yang selain memiliki fitur sebagai tambahan untuk mengulang sinyal jaringan juga melakukan monitor yang terpusat dan manajemen terhadap jaringan.
  • Apabila satu komputer yang mengalami kerusakan dalam jaringan maka komputer tersebut tidak akan membuat mati seluruh jaringan star. Hub dapat mendeteksi kesalahan dalam jaringan dan memisahkan komputer yang rusak tersebut dari jaringan dan memperkenankan jaringan untuk beroperasi kembali.
  • Kita dapat menggunakan beberapa tipe kabel di dalam jaringan yang sama dengan hub yang dapat mengakomodasi tipe kabel yang berbeda.

Kekurangan dari penggunaan Topologi Star

Topologi star mempunyai kekurangan sebagai berikut:
  • Memiliki satu titik kesalahan, terletak pada hub. Jika hub pusat mengalami kegagalan, maka seluruh jaringan akan gagal untuk beroperasi.
  • Memerlukan alat pada central point untuk mem-broadcast ulang atau pergantian traffic jaringan (switch network traffic).
  • Membutuhkan lebih banyak kabel karena semua kabel jaringan harus ditarik ke satu central point, jadi lebih banyak membutuhkan lebih banyak kabel daripada topologi jaringan yang lain.

12. Adalah sebuah model komputerisasi dimana sebuah aplikasi client dijalankan di komputer desktop atau komputer pribadi yang mengakses informasi pada server atau host yang terletak di lain tempat. Bagian dari aplikasi yang dijalankan di client biasanya digunakan untuk mengoptimalkan interaksi dengan user, dimana server menyediakan proses tersentralisasi dan bekerja secara multiuser.
Server yaitu sebuah computer yang menyediakan layanan tertentu dalam jaringan sedangkan client yaitu : Di dalam komputer jaringan, merupakan komputer yang memanfaatkan sumber daya dalam jaringan yang disediakan oleh komputer lainnya, yang disebut dengan server. Juga merupakan sebuah aplikasi atau proses yang meminta pelayanan dari komponen atau proses lainnya. Adanya client ini, memudahkan koneksi ke komputer server, dan mengatur serta menjaga hubungan dari sumber daya lainnya. Dalam lingkungan Client/Server, workstation biasanya adalah merupakan komputer client. Kalau dalam objek COM, adalah merupakan program yang mengakses atau menggunakan suatu layanan yang disediakan oleh komponen lainnya.









Tidak ada komentar:

Poskan Komentar