Rabu, 18 Mei 2011

jawaban essay


1. Perangkat Keras Komputer dan Jenisnya
A. CPU (Central Processing Unit)
Central Processing Unit jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Unit Pengolah Pusat. Di dalam CPU terdapat berbagai macam perangkat keras yang diperlukan untuk menjalankan komputer. Perangkat keras yang biasanya terdapat pada CPU, adalah:
A.1. Hardisk
Harddisk drive (HDD) merupakan tempat menyimpan data pada CPU. Jika hardisk dibuka, maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Kecepatan putarannya bervariasi. Adayang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Besarnya bervariasi, ada yang 1,2 Gigabyte (GB), 80 GB, 160 GB, dan 320 GB. Satu GB sama dengan 1000 Megabyte, sedangkan 1 Megabyte sama dengan 1000 Kilobyte.
A.2. Floppy Disk Drive
Floppy disk drive adalah alat untuk membaca atau menulis pada sebuah disket. Beberapa tahun lalu, masih banyak orang yang menggunakan floppy disk berukuran 5 1/4 inchi (disket besar), yang menyimpan data sebanyak 700 Kilobyte. Saat ini disket besar sudah digantikan dengan disket kecil yang berukuran (3 1/2 inchi) dengan kapasitas menyimpan data sebesar 1,4 Megabyte.
Cara kerja floppy disk hampir sama dengan harddisk. Plat bundar berisi data dalam disket akan diputar oleh motor dalam floopy disk drive. Sebuah magnet akan membaca atau menulis data pada disket itu.
A.3. CD-ROM drive
CD-ROM (singkatan dari Compact Disc - Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita. CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utamayang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.
A.4. Prosesor
Nah, inilah Brain (otaknya) komputer. Prosesor berfungsi untuk memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. Kekuatan prosesor diukur dari frekuensinya, seperti 550 MHz (Mega Hertz) sampai saat ini sudah ada yang mencapai 1,4 GHz (Giga Hertz). Jika komputer dihidupkan, maka prosesor akan langsung bekerja dan cepat naik suhunya. Oleh karena itu setiap prosesor saat ini sudah dilengkapi dengan besi penyalur panas (heat sink) dan kipas pendingin. Saat ini prosesoryang banyak digunakan adalah Intel, AMD dan IBM.
A.5. Memori
Memori dikenal juga dengan sebutan RAM (Random Acces Memory). Gunanya adalah untuk penyimpanan data sementara sewaktu digunakan oleh prosesor. Jikakomputer di matikan, maka data di RAM akan hilang. Kecepatan membaca data RAM ini lebih cepat jika dibandingkan dengan Harddisk.
A.6. Kartu Grafis (VGA Card)
Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game, kita perlu VGA yang tinggi kekuatannya. Saat ini ada VGA dengan memori 16, 32 hingga 128 Megabyte. Jenisnya yang terkenal adalah GeForce buatan perusahaan Nvidia.
A.7. Kartu Suara (Soundcard)
Perangkat ini berguna untuk mengeluarkan suara. Kalau kita sedang mendengar musik ataupun bermain game, perangkat ini sangat bermanfaat. Suaranya bisa stereo, surround (berputar) bahkan suara 3 dimensi, sehingga kita seolah-olah berada ditempat kejadian. Tetapi perangkat ini kurang lengkap jika tidak ada speaker. Karena itu kita perlu menghubungkan speaker dengan soundcardyang telah terpasang dengan sebuah kabel yang disambung langsung ke soundcard.
A.8. Motherboard
Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk berfungsi untuk tempat semua alat utama CPU yang telah disebutkan di atas. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatankomputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.
B. Perangkat Input Komputer
B.1. Keyboard

Keyboards memungkinkan seorang user untuk memasukkan perintah dan data ke dalam system komputer.
B.2. Mouse

Mouse adalah peralatan input yang mempunyai sejumlah tombol. Perpindahan dengan tangan sepanjang permukaan mouse, akan merubah posisi tampilan pada layar yang merefleksikan perpindahan tersebut. Tombol pada mouse digunakan untuk memilih item, dan membuat pilihan pada layar. Mouse secara significant dapat mereduksi input yang imasukkan oleh pemakai melalui serangkaian pengetikan perintah pada keyboard dengan mengklik pada tombol mouse atau item yang tampil pada layar monitor.
C. Perangkat Output
C.1. Monitor
Monitor adalah peralatan yang memungkinkan komputer untuk menampilkan informasi balik ke pemakai/user, dalam bentuk teks maupun grafik. Monitors mempunyai ukuran yang bervariasi, 14", 15", 17" dan lainnya. Semakin besar ukurannya (dalam inch), maka semakin mahal, dan semakin luas gambar yang dapat ditampilkan pada monitor. Monitor memiliki beberapa variasi bentuk, resolusi screen yang berbeda yang merujuk pada jumlah titik yang bisa ditampung dalam koordinat X dan Y (640 x 480, atau 800 x 600), dan refresh rate, yang menunjukkan berapa kali per detik suatu gambar dapat ditampilkan pada screen (60Hz berarti 60 kali per detik). Monitor dengan resolusi screen yang lebih tinggi semisal 1024x768 membutuhkan ukuran monitor yang lebih lebar missal 21" (jika tidak maka akan kelihatan kecil sekali gambarnya jika ditampilkan dalam monitor berukuran 14"), dan juga membutuhkan refresh rate yang lebih tinggi semisal 72Hz, untuk mencegah tampilan gambar pada screen terlihat berkedip-kedip (flickering).
C.2. Printer

Printer digunakan untuk mencetak pada kertas apa yang ditampilkan pada screen atau untuk mencetak data yang dioleh oleh komputer. Printer ada yang berwarna (color) dan ada yang hitam putih (black and white). Printer berwarna lebih lambat dan lebih mahal daripada printer hitam putih. Juga teknologi yang digunakan untuk mencetak informasi pada kertas bervariasi tergantung tipe printer.
2. HARDWARE
                        Peralatan dari sistem komputer yang secara fisik  terlihat  dan terjamah
Contohnya : CPU, Monitor, Printer, Keyboard, Mouse
      SOFTWARE
                        Program yang berisi perintah untuk melakukan   pengolaahan data
Contohnya : SO, windows, Aplikasi Office, Corel draw, Nero
      BRAINWARE
                        Manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta  mengatur sistem  komputer
Contohnya : system analis, Programmer, Operator, Adm Operator

}  3.tahap-tahap menyalakan komputer
}   Periksa seluruh koneksi perangkat masukan dan keluaran seperti monitor , mouse, dan key board , pastikan seluruh koneksi dalam keadaan tersambung
}  Sambungkan koneksi CPU dengan catu daya atau sumber listrik yang ada. Gunakan juga stabilizer atau UPS  ( uninterruptible power supply) apabila tegangan listrik tidak stabil
}  Kemudian tekan tombol power pada cpu untuk menyalakan komputer tersebut
selanjutnya komputer akan menjalankan POST ( power on self test) dan melakukan booting
kemudian proses strarting up selesai maka komputer siap untuk kita gunakan
4. . input device
Keyboards memungkinkan seorang user untuk memasukkan perintah dan data ke dalam system komputer.dan Mouse adalah peralatan input yang mempunyai sejumlah tombol. Perpindahan dengan tangan sepanjang permukaan mouse, akan merubah posisi tampilan pada layar yang merefleksikan perpindahan tersebut. Tombol pada mouse digunakan untuk memilih item, dan membuat pilihan pada layar. Mouse secara significant dapat mereduksi input yang imasukkan oleh pemakai melalui serangkaian pengetikan perintah pada keyboard dengan mengklik pada tombol mouse atau item yang tampil pada layar monitor

Output Device yaitu.
a. Monitor adalah peralatan yang memungkinkan komputer untuk menampilkan informasi balik ke pemakai/user, dalam bentuk teks maupun grafik. Monitors mempunyai ukuran yang bervariasi, 14", 15", 17" dan lainnya. Semakin besar ukurannya (dalam inch), maka semakin mahal, dan semakin luas gambar yang dapat ditampilkan pada monitor. Monitor memiliki beberapa variasi bentuk, resolusi screen yang berbeda yang merujuk pada jumlah titik yang bisa ditampung dalam koordinat X dan Y (640 x 480, atau 800 x 600), dan refresh rate, yang menunjukkan berapa kali per detik suatu gambar dapat ditampilkan pada screen (60Hz berarti 60 kali per detik). Monitor dengan resolusi screen yang lebih tinggi semisal 1024x768 membutuhkan ukuran monitor yang lebih lebar missal 21" (jika tidak maka akan kelihatan kecil sekali gambarnya jika ditampilkan dalam monitor berukuran 14"), dan juga membutuhkan refresh rate yang lebih tinggi semisal 72Hz, untuk mencegah tampilan gambar pada screen terlihat berkedip-kedip (flickering).
b.  Printer

Printer digunakan untuk mencetak pada kertas apa yang ditampilkan pada screen atau untuk mencetak data yang dioleh oleh komputer. Printer ada yang berwarna (color) dan ada yang hitam putih (black and white). Printer berwarna lebih lambat dan lebih mahal daripada printer hitam putih. Juga teknologi yang digunakan untuk mencetak informasi pada kertas bervariasi tergantung tipe printer.
5. Internal commandSemua perintah yang dapat langsung dijalankan dari prompt, tanpa perlu masuk kedalam direktori tempat  berkas-berkas( file) perintah tsb berada sedangkan eksternal command Semua perintah yang tidak dapat langsung dijalankan melalui prompt.Untuk menjakankan perintah tersebut kita harus berada pada direktori kerja tempat file perintah tersebut berada. Pada windows XP file tsb berada pada subdirektori sistem32.
6. Sistem Operasi
Merupakan perangkat lunak yang bertugas mengelola penggunaan sumberdaya dalam komputer dan menyediakan antarmuka bagi pengguna untuk mengakses sumber daya tersebut
Sistem Operasi disebut juga Platform Software yang terdiri dari program utama dan program Low-Level yang mengatur operasi dasar komputer. Kumpulan program ini menyediakan layanan kontrol terhadap sumber daya komputer.

Secara khusus, sistem operasi menangani kontrol dan penggunaan sumber daya perangkat keras, seperi disc-room, memory, processor, dan perangkat tambahan lain, seperti mouse, printer, dan lain-lain.

Sebenarnya, apa saja sih fungsi OS ini? Bisa terbayangkan bukan kalau OS ini pasti memiliki fungsi yang banyak, karena tanpa adanya OS dalam sebuah komputer, maka komputer tersebut sampai kita jungkir-balikpun tidak akan dapat beroperasi sebagaimana semestinya.

Secara dasar, Sistem Operasi melakukan tugas seperti mengenali input dari keyboard, mengirimkan output ke layar monitor, melacak file dan mengendalikan perangkat-perangkat yang berhubungan dengan komputer.


Secara lebih detail, fungsi-fungsi dari OS meliputi:
  1. Pengaturan Processor, yaitu mengatur processor untuk dapat dijalankan oleh sistem komputer.
  2. Pengaturan Memori, yaitu mengatur pembagian dan mengirimkan instruksi dari memori utama dan tempat penyimpanan lain ke sistem komputer.
  3. Pengaturan Input/Output, yaitu koordinasi dan penugasan dari berbagai perangkat input/output ketika satu atau lebih program sedang dieksekusi atau dijalankan.
  4. Pengaturan File, yaitu mengatur penyimpanan file dari berbagai tempat ke perangkat penyimpanan lainnya. Juga memungkinkan semua file dapat dengan mudah diubah dan dimodifikasi dengan menggunakan text editor atau dengan lainnya.
  5. Menjalankan sistem prioritas, yaitu menentukan urutan pekerjaan yang harus dilaksanakan dalam sistem komputer, mulai dari yang paling utama, lalu yang kedua, dan seterusnya.
  6. Interpretasi atau penerjemahan perintah-perintah dan instruksi-instruksi.
  7. Sebagai fasilitas komunikasi yang mudah antara sistem komputer dan komputer operator (manusia).
  8. Bertanggung jawab atas keamanan data dan integritas.

Secara garis besar, fungsi utama dari sistem operasi adalah sebagai suatu sistem yang digunakan untuk mengarahkan dan mengatur kinerja dari sebuah komputer, menyelesaikan berbagai masalah-masalah dalam komputer, dan menjaga bagian-bagian dari sistem agar tetap aman.

Selain itu, OS juga menentukan program mana yang akan digunakan dalam mengerjakan tugas-tugas, terutama yang berkaitan dengan pengenalan terhadap komponen-komponen sistem komputer.


7. 1.Aplikasi office merupakan software yang membantu mengerjakan berbagai tugas perkantoran seperti surat menyurat dan presentasi. Contohnya : microsoft office pada windows dan open office pada linux
2. Antivirus
Antivirus merupakan software yang menjaga keamanan komputer dari serangan virus komputer. Contohnya norton antivirus, AVG
3. Browser
 merupakan software yang berguna untuk menampilkan halaman web pada saat menggunakan internet. Contohnya : opera, mozilla firefox, internet explorer dan my IE
4. Desain grafis
Berfungsi untuk mempermudah dalam menggambar atau mendesain dalam bentuk grafis .contohnya adobe photoshop, corel draw, auto CAD
5. Multimedia
Berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk menjalankan file dalam format audio dan visual seperti MP3, MPEG, AVI, seperti winamp dan windows media player
8.langkah – langkah uninstall komputer
1.      . Pada jendela control panel klik ganda ikon add or remove programs
2.      Setelah proses pengecekan selesai pada layar akan muncul jendela yang berisi daftar aplikasi yang terinstall di komputer
3.      Pilih aplikasi yang akan di uninstall
4.      Klik aplikasi/program tersebut kemudian remove
5.      Yes
6.      Proses uninstall akan berjalan dan tunggu hingga proses uninstall selesai.
7.      Proses uninstall sudah berhasil jika aplikasi sudah benar-benar terhapus dari komputer tersebut
9.Menyalin dan memindahkan folder/file
- Untuk menyalin file/folder , perintahnya adalah klik pada file/folder yang akan disalin, kemudian pilih edit – copy atau tekan ctrl + c setelah itu , plilih lokasi sebagai tempat tujuan penyalinan dan klik edit- paste atau ctrl+V
Sedangkan memindahkan file/folder perintahnya adalah klik file file/folder yang akan dipindahkan , kemudian clik edit-cut atau ctrl+x setelah itu pilih lokasi sebagai tempat tujuan yang akan dipindahkan , dan klik kanan setelah itu clik edit dan paste atau ctrl + V
10.save dilakukan jika untuk menyimpan file tanpa member nama file sedangkan save as yaitu menyimpan file atau dokumen baru dengan member nama filenya
11. a. klik kiri ( untuk mengaktifkan suatu objek/memilih suatu objek
      b. klik kanan ( untuk menampilkan menu dari suatu objek)
      c. Double clik ( untuk membukan file /folder)
      d. drag dan drop ( menggeser dan meletakkan) yaitu menekan tombol mouse pada ikon tanpa melepas tombol mouse
12. CTRL+N = Membuat sebuah dokumen baru
      CTRL + O= Membuka dokumen
     CTRL + U = Membuat teks bergaris bawah












Tidak ada komentar:

Posting Komentar